Senin, 17 Oktober 2011

Struktur Perkembangan Tumbuhan I (SPT I) DAUN MAJEMUK (Folium Compositum)


BAB I
PENDAHULUAN
1.1             Latar Belakang
Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang diciptakan Allah SWT untuk alam ini. Semua bagian yang terdapat dalam tumbuhan secara langsung maupun tidak langsung sangat berguna untuk kelngsungan kehidupan tumbuhan itu sendiri. Seperti misalnya berguna untuk penyerapan, pengolahan, pengangkutan, dan penimbunan zat-zat makanan. Daun merupakan bagian dari tumbuhan yang sebagian besar proses tunbunya daun terdapat di dalamnya. Daun biasanya tipis melebar dan kaya akan klorofil. Klorofil tersebutlah yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, dan masih banyak lagi manfaat yang terdapat didalam daun seperti proses fotosintesis. Allah SWT menciptakan bumi ini dengan beragam kekayaan alam yang sangat luar biasa. Hal itu membuktikan bahwa betapa Allah sangat mencintai hambanya sehingga DIA menciptakan kenikmatan yang begitu besar kepada para umatnya yang ada di muka bumi ini. Kenikmatan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan lingkungannya. Allah menciptakan tumbuh-tumbuhan yang beraneka ragam untuk dimanfaatkan oleh manusia. Seperti yang terdapat dalam surat Az-Zumar ayat 21:                                                                               

öNs9r& ts? ¨br& ©!$# tAtRr& z`ÏB Ïä!$yJ¡¡9$# [ä!$tB ¼çms3n=|¡sù yìÎ6»oYtƒ Îû ÇÚöF{$# ¢OèO ßl̍øƒä ¾ÏmÎ/ %Yæöy $¸ÿÎ=tGøƒC ¼çmçRºuqø9r& §NèO ßkŠÎgtƒ çm1uŽtIsù #vxÿóÁãB ¢OèO ¼ã&é#yèøgs $¸J»sÜãm 4 ¨bÎ) Îû šÏ9ºsŒ 3tø.Ï%s! Í<'rT{ É=»t7ø9F{$# ÇËÊÈ

Artinya; Apakah kamu tidak memperatikan, bahwa seseungguhnya Allah menurunkan air dari langit, Maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-uningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.
Sudah sangat jelas bahwa Allah menciptakan tumbuh-tumbuhan bagi manusia untuk dipelajari manfaatnya dan disyukuri keberadaannya karena sesungguhnya semua yang ada dia alam ini mulai dari binatang dan tumbuh-tumbuhan selalu bertasbih kepada-Nya.
Daun pada berbagi jnis tumbuhan ada bermacam-macam bentuknya, ada yang hanya terdapat satu helian saja pada tangkainya ada pula yang terdapat lebih dari satu helaian saja. Daun yang terdapat lebih dari satu helaian pada cabang tangkainya disebut dengan daun majemuk. 

1.2             Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari makalah ini ialah sebagi berikut:
1.      Apa saja bagian-bagian dari daun majemuk (Folium Compositum)?
2.      Apa saja macam-macam dari daun majemuk menyirip (Pinnatus)?
3.      Ada berapa macam-macam daun majemuk menjari berdasarkan jumlah anak daunnya?
4.      Apakah pengertian dari daun majemuk bangun kaki dan campuran?

1.3            Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini ialah:
1.      Untuk mengetahui bagian-bagian dari daun majemuk
2.      Untuk mengetahui macam-macam daun menyirip
3.      Untuk mengetahui macam-macam daun majemuk kenjari berdasarkan jumlah anak daunnya
4.      Untuk memahami daun majemuk bangun kaki dan campuran




1.4             
BAB II
PEMBAHASAN

2.1 DAUN MAJEMUK (Folium compositum)
            Secara umum dapat kitakan bahwa daun majemuk adalah daun yang memiliki lebih dari satu helai daun. Dan setiap helainya daun itu disebut anak daun.
Dan jika kita lihat daun berbagai jenis tumbuhan, akan terlihat bahwa ada diantara yang:
-          dinamakan daun tunggal (folium simplex)
-          Tangkainya bercabang cabang,dan baru pada cabang tangkai ini terdapat selaian daunnya, sehingga disni pada satu tangkai terdapat lebih daru satu helaian daun. Daun dengan susunan yang demikian itu disebut daun majemuk (folium compositum).      
          Suatu daun majemuk berasal dari suatu daun tunggal yang torehnya sedemikian dalamnya Sehingga bagian daun diantara toreh toreh itu terpisah satu sama lain, dan masing masing merupakan suatu helaian kecil yang tersendiri.
1.Bagian bagian dari daun majemuk
a.      Ibu tangkai daun
Yaitu bagian daun majemuk yang terjadi tempat duduknya helaian, helaian daunnya yang disini masing masing dinamakan anak daun (folioum). Ibu tangkai daun ini dapat dipandang merupakan penjelmaan tangkai daun tunggal ditangkai dengan ibu tulangnya,oleh sebab itu kuncup ketiak pada tumbuhan yang mempunyai daun majemuk,letaknya juga diatas pangkal ibu tangkai pada batang.
b.      Tangkai anak daun
Yaitu cabang cabang ibu tangkai yang mendukung anak daun. Bagian ini dapat dianggap sebagai jelmaan pangkal suatu tulang cabang pada daun tunggal,oleh seba itu didalam ketiaknya tak terdapat suatu kuncup.

c.       Anak daun
Bagian ini sungguhnya adalah bagian bagian helaian daun yang karena dalam dan besarnya toreh menjadi terpisah pisah. Anak daun pada suatu daun majemuk lazimnya mempunyai tangkai yang pendek saja atau hampir duduk pada ibu tangkai, misalnya pada daun seledri (Apium graveolens L). Ada kalanya anak daun mempunyai tangkai yang cukup panjang dan jelas kelihatan, misalnya pada daun mangkokan (Nothoponax scutellarium)
Karena suatu daun majemuk dapat  dipandang berasal dari suatu daun tunggal, pada daun majemuk dapat pula kita temukan bagian bagian lain seperti  pada daun pinang(Areca catechu L)
Sama halnya dengan daun tunggal,pada pangkal ibu tangkai daun majemuk atau di dekat pangkal ibu tangkai itu dapat pula  ditemukan sepasang daun penumpu, seperti misalnya pada daun mawar (Rose sp.), yang berupa dua daun kecil melekat pada kanan kiri pangkal ibu tangkai daun,dan pada daun kacang kapri (Pisum sativun L) yang disini merupakan sepasang daun yang lebar dan ikut serta menunaikan tugas daun sebagai alat untuk berasimilasi.
Dengan uraian di atas kiranya sudah cukup petunjuk untuk mengenal suatu daun majemuk, dan tidak akan keliru dengan suatu cabang yang mempunyai daun-daun tunggal. Sebagai tambahan dapat juga kiranya dikemukakan bahwa :
a.    Pada satu daun majemuk semua anak daun terjadi bersama-sama dan biasanya pun runtuh bersama-sama pula, sedangkan suatu cabang dengan daun-daun tunggal mempunnyai daun yang tak sama umur maupun besarnya, dan tentunya saja daun-daun tadi tidak runtuh bersama-sama
b.    Pada suatu daun majemuk seperti daun tunggal pula terdapat pertumbuhan yang terbatas yang artinya tidak bertambah panjang lagi dan ujung nya tidak mempunyai kuncup.
c.    Pada daun majemuk tak akan terdapat kuncup dalam ketiak anak daun, sedang pada suatu cabang biasanya dalam ketiak daunnya terdapat satu atau lebih satu kuncup.


2.2 DAUN MAJEMUK MENYIRIP (Pinnatus)
Daun majemuk menyirip ialah daun majemuk yang daunnya terdapat di kanan kiri ibu sirip pada ikan. Daun majemuk menyirip dapat di bedakan dalam beberapa macam :
1.      Daun majemuk menyirip beranak daun satu (unifoliolatus)
Daun ini disebut sebagai daun tunggal, tetapi di sini tangkai daun memperlihatkan sutu persendian (articulation), jadi helaian daun tidak langsung terdapat pada ibu tangkai. Daun yang demikian ini basanya kita dapati pada berbagai jenis pohon jeruk, a.l. jeruk besar (Citrus maxima Merr.), jeruk nipis (Citrus aurantilofio Sw.).
2.      Daun majemuk menyirip genap (abrupte pinnatus)
Biasa terdapat sejumlah anak daun yang berpasang-pasangan di kanan kiri ibu tulang, oleh sebab itu anak daunnya biasanya lalu menjadi genap. Daun menyirip anak-anak daun tidak selalu berpasang-pasangan, cara untuk menentukan daun majemuk menyirip genap yaitu melihat kepada ujung ibu tangkainya. Jika ujung ibu tangkai terputus, artinya pada ujung ibu tangkai tidak  terdapat suatu anak daun, sehingga ujung ibu tangkai bebas, atau kadang-kadang tertutup oleh suatu pucuk kecil yang mudah runtuh, maka daun yang menyirip genap. Bahwa daun majemuk menyirip genap mungkin mempunyai jumlah anak daun ang gasal. Daun majemuk menyirip genap a.l. terdapat pada daun asam (Tamarindus indica L.), pada pohon leci (Litchi chinensis Sonn.) dan kepulasan (Nepphelium mutabile B).
3.      Daun majemuk menyirip gasal (imparipinnatus)
Ditinjau dari jumlah anak daunnya akan kita dapati bilangan yang gasal jika anak daunnya berpasangan, sedang di ujung ibu tangkai terdapat anak daun yang tersendiri. Misalnya pada daun pacar cina (Aglaia odorata Lour.) dan mawar (Rosa sp.).
Daun majemuk menyirip genap dapat menurut duduknya anak-anak daun pada ibu tangkai, dan menurut besar kecilnya anak-anak daun terdapat pada satu ibu tangkai, yaitu : 
1. Menyirip dengan anak daun yang berpasangan-pasangan
Yaitu jika duduknya anak daun pada ibu tangkai berhadap-hadapan.

2. Menyirip berseling
Yaitu jika anak daun pada ibu tangkai duduknya berseling.
3. Menyirip berselang-seling (interrupte pinnatus)
Yaitu jika anak-anak daun pada ibu tangkai berselang-seling pasangan anak daun yang lebar dengan pasangan anak daun yang sempit, misalnya pada anak daun tomat (Solanum lycopersicum L.).
Daun majemuk menyirip ganda dapat dibedakan menurut letak anak daun pada cabang tingkat berapa dari ibu tangkainya. Daun majemuk menyirip ganda dapat di bedakan :
  1. Majemuk menyirip ganda dua (bipinnatus)
jika anak daun duduk pada cabang tingkat satu dari ibu tangkai.
  1. Majemuk menyirip ganda tiga (tripinnatus)
jika anak-anak daun duduk pada cabang tingkat dua dari ibu tangkai.
  1. Majemuk menyirip ganda empat
umumnya jarang ditemukan daun yang menyirip ganda lebih dari tiga.

Daun yang menyirip ganda dibedakan lagi dalam :
  1. Menyirip ganda dengan sempurna
Jika tidak ada satu anak daun pun yang duduk pada ibu tangkai.
  1. Menyirip ganda tidak sempurna
Jika masih ada anak daun yang duduk langsung pada ibu tangkainya.
Contoh daun yang menyirip ganda :
  1. Daun majemuk menyirip genap ganda dua dengan sempurna, misalnya daun kembang merak (Caesalpinia pulcherrima Sw.) dan daun lamtoro (Leucaena glauca Benth.).
  2. Daun majemuk menyirip gasal ganda dua tidak sempurna, misalnya daun kirinya (Sambucus javanica Bl.).
  3. Daun majemuk menyirip gasal rangkap tiga tidak sempurna, misalnya daun kelor (Moringo oleifera Lamk.).

2.3 Daun Majemuk Menjari (Palmatus atau Digitatus)
            Merupakan daun majemuk yang semua anak daunnya tersusun memencar pada ujung ibu tangkai seperti letaknya jari-jari pada tangan.
            Berdasarkan jumlah anak daun, daun majemuk menjari dapat dibedakan sebagai berikut:
a.         Beranak daun dua (bifoliolatus), pada ujung ibu tangkai terdapat dua anak daun.
misalnya, daun nam-nam (Cynomtera cauliflora L.).
b.        Beranak daun tiga (trifoliolatus), pada ujung ibu tangkai terdapat tiga anak daun.
misalnya, daun para (Hevea brasiliensis Muell.).
c.         Beranak daun lima (quinquefoliolatus), pada ujung ibu tangkai terdapat lima anak daun.
misalnya, daun maman (Gynandropis pentaphylla D.C.).
d.        Beranak daun tujuh (septemfoliolatus), jika ada tujuh anak daun pada ujung ibu tangkainya.
misalnya, daun randu (Ceiba petandra Gaertn.).

catatan:
daun majemuk beranak daun tiga, dapat pula kita jumpai pada daun majemuk yang menyirip. misalnya, pada kacang panjang (Vigna sinensis Endl.). Untuk membedakan majemuk menyirip atau menjari, dengan diteliti mengenai titik pertemuan ketiga tangkai anak daunnya. Jika semua bertemu pada satu titik (ujung ibu tangkai) disebut menjari. Jika tidak, menyirip. daun majemuk menyirip yang menyiripnya bersifat ganda, dapat pula dikatakan daun majemuk menjari yang bersifat ganda, misalnya daun majemuk menjari beranak daun tiga ganda dua (biternatus). Contoh pada Aegopodium dan Aquilegia vulgaris.
jika daun majemuk menjari mempunyai tujuh anak daun atau lebih, dapat dikatakan beranak daun banyak (polyfoliotus), misalnya pada daun randu (Ceiba petandra Gaerthn.).


2.4 Daun Majemuk Bangun Kaki (pedatus)
Daun ini mempunyai susunan seperti daun majemuk menjari,tetapi dua anak daun yang
paling pinggir tidak duduk pada ibu tangkai, melainkan pada tangkai anak daun yang
disampingnya. Seperti yang terdapat pada Arisaema filiforme (Araceae)

2.5 Daun Majemuk Campuran (Digitatopinnatus)
Daun majemuk campuran adalah daun majemuk ganda yang mempunyai cabang-cabang ibu tangkai memencar seperti jari dan terdapat pada ujung ibu tangkai daun, tetapi pada cabang-cabang ibu tangkai ini terdapat anak-anak daun yang tersusun menyirip. Jadi daun majemuk campuran adalah campuran susunan yang menjari dan menyirip contohnya daun sikejut (Mimosa pudica L).  Daun sikejut bukanlah merupakan daun majemuk campuran sejati, tetapi adalah daun majemuk menyirip genap ganda dua yang sempurna. Hanya saja pada daun ini letak kedua pasang ibu tangkainya tadi sedemikian dekat satu sama lain, hingga seakan-akan terdapat empat cabang tangkai pada ujung ibu tangkai daunnya.


BAB III
PENUTUP
3.1  KESIMPULAN
1.      Bagian-bagian dari daun majemuk dapat dibedakan menjadi 3, yaitu:
a.       Ibu tangkai daun (potiolus communis)
b.      Tangkai anak daun (petiololus)
c.       Anak daun (foliolum) adapula Upih daun (vagina) seperti pada daun tunggal.
2.a Macam-macam daun majemuk menyirip dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:
a.   Daun majemuk menyirip beranak daun satu (unifoliolatus)
b.   Daun majemuk menyirip genap (abrupt pinnatus)
c.   Daun majemuk menyirip gasal (imparipinnatuss)
2.b Daun menyirip dibedakan lagi menurut duduknya anak-anak daun pada ibu tangkai dan juga menurut besar kecilnya anak-anak daun yang terdapat pada satu ibu tangkai, menjadi 3, yaitu:
a.       Daun majemuk menyirip dengan anak daun yang berpasang-pasangan
b.      Menyirip berseling
c.       Menyirip berselang-seling (interrupte pinnatus)
2.c       Daun majemuk menyirip ganda menurut letak anak daun pada tingkat berapa dari ibu daunnya, dapat dibedakan dalam:
a.       Majemuk menyirip ganda dua (bipinnatus)
b.      Majemuk menyirip ganda tiga (tripinnatus)
c.       Majemuk menyirip ganda empat
d.      Menyirip ganda dengan sempurna
e.       Menyirip ganda tidak sempurna
f.       Majemuk menyirip genap ganda dua dengan sempurna
g.      Majemuk menyirip gasal ganda dua tidak sempurna
h.      Majemuk menyirip gaasal rangkap tiga tidak sempurna
3.  Berdasarkan jumlah anak daunnya, daun majemuk menjari dapat dibedakan menjadi:
a.  Beranak daun dua (bifoliolatus)
b. Beranak daun tiga (trifoiolatus)
c. Beranak daun lima (quinquefoliolatus)
d. Beranak daun tujuh (septemfoliolatus)
e. Majemuk menjari beranak daun tiga ganda dua (biternatus)
4.        Daun majemuk bangun kaki mempunyai susunan sepeti daun majemuk menjari, tetapi dua anak daun yang paling pinggir tidak duduk pada ibu tangkainya, melainkan pada tangkai anak daun yang disampingnya. Sedangkan daun majemuk campuran adalah campuran susunan yang menjari dan menyirip.

3.2  Saran
Demikian makalah ini kami buat dengan sebenar-benarnya . semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis maupun pembacanya. Serta dapat dijadikan suatu pedoman dan bisa menjadi referensi dalam proses belajar. Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan makalah ini, kami mohon maaf karena kesempurnaan hanya milik Allah semata. Untuk itu kami mengharapkan kritik yang membangun bagi kami.


DAFTAR PUSTAKA

Anonymous, 2010. Gambar daun. (online) (www. gurumuda.com) Diakses 7 Oktober 2010 Jam
19.00
Anonymous, 2010. Gambar daun. (online) (www. dagdigdug.com) Diakses 7 Oktober 2010 Jam
19.00
Anonymous, 2010. Gambar daun. (online) (www. ceputelecenter.files.wordpress.com) Diakses 7
Oktober 2010 Jam 19.00
Anonymous, 2010. Gambar daun. (online) (www. scribd.com) Diakses 8 Oktober 2010 Jam
16.00
Anonymous, 2010. Gambar daun. (online) (www.ceploq.com) Diakses 9 Oktober 2010 Jam
19.00
Anonymous, 2010. Gambar daun. (online) (www.iptek.net.id) Diakses 9 Oktober 2010 Jam
19.00
Tjitrosoepomo, G. 1997. Morfologi Tumbuhan. Yogyakarta: Gajahmada University Press




Lampiran
            
            Mimosa pudica L.                                                       Arisaema filiforme (Araceae)
Gambar 1. Majemuk Campuran dan Bangun kaki

              
Daun katuk (Sauropus androgynus)                           Daun crème (Phyllanthus acidus S.)
Gambar 2. Daun Majemuk

                
Gambar 3. Daun Majemuk Menyirip

Ceiba pentandra Gaerthn (Daun Randu)
Gambar 4. Daun Majemuk Menjari beranak daun 7


Tidak ada komentar:

Posting Komentar